Monday, November 16, 2015

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Tags

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan menghasilkan keluaran informasi  yang  dihasilkan setelah diolah.
Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Unit-unit tersebut yaitu:
  • Masukan
  • Memori
  • Aritmetika dan Logika
  • Keluaran
  • Kontrol

Fungsi unit-unit :
  • Masukan, menerima informasi yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-aloat elektromekanik seperti  papan ketik  pada  suatu terminal  video, atau dari  komputer-komputer  lain lewat  jalur  komunikasi  digital
  • Memori, tempat untuk menyimpan langkah-langkah pengolahan yang ditentukan oleh program
  • Aritmetika dan Logika, mengolah informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak melaksanakan operasi yang diinginkan
  • Keluaran, mengeluarkan akhir dari hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali
  • Kontrol, pengkoordinasi seluruh kegiatan

Struktur Komputer
Struktur  internal  komputer terdapat empat struktur utama:
  • Central  Processing Unit  (CPU), berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan fungsi  – fungsi  komputer. Kesepakatan, CPU  cukup disebut  sebagai processor (prosesor) saja.
  • Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data
  • .Hasil gambar untuk memori utama komputer
  • I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  • System  Interconnection, merupakan sistem  yang  menghubungkan CPU, memori  utama dan I/O.

Fungsi Komputer
  • Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • Fungsi Operasi Kontrol

Kinerja Komputer
Kinerja  sebuah sistem  komputer  merupakan hasil proses  dari  seluruh komponen komputer, yang  melibatkan CPU, memori  utama, memori  sekunder, bus, peripheral.
Dari  segi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat ini meliputi :
  •  Pengolahan citra
  • Pengenalan voice atau pembicaraan
  • Video conference
  • Mulitimedia
  • Transfer data

Yang  menakjubkan lagi  adalah dari  sudut  pandang  organisasi  dan arsitektur  komputer saat  ini  adalah mirip dengan komputer  IAS  yang  dibuat  sekitar  50 tahun lalu, namun perkembangan dan kecanggihannya  dapat  kita  rasakan sekarang  ini.

Peningkatan kinerja mikroprosesor  ini  terus  berlanjut  tidak  kenal  henti  dengan berbagai  teknik  yang  telah dikembangkan, diantaranya :
  •  Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software  dan melakukan prediksi  percabangan atau kelompok  instruksi  yang  akan dieksekusi berikutnya.
  • Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
  • Speculative  Execution, dengan modal  prediksi  cabang  dan analisis  data, maka  prosesor  dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya.

Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

Contoh Organisasi Komputer
  • Teknologi hardware
  • Perangkat antarmuka
  • Teknologi memori
  • Sistem memori
  • Sinyal – sinyal kontrol

Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Contoh Arsitektur Komputer
  • Set instruksi
  • Aritmetika yang dipergunakan
  • Teknik pengalamatan
  • Mekanisme I/O

Perbedaan Utama
Organisasi Komputer
  •  Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
  • Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O


EmoticonEmoticon